Kategori Berita
Media Network
Minggu, 22 JUNI 2025 • 20:27 WIB

Debut Lesu “Elio”, Pixar Hadapi Pembukaan Terburuk dalam Sejarahnya

Elio

INDOZONE.ID- Film animasi terbaru dari Disney dan Pixar, "Elio", mengalami awal yang mengecewakan di box office global. Dengan pendapatan hanya $14 juta dari pasar internasional dan $35 juta secara global, film ini mencatat debut terburuk dalam sejarah Pixar—mengalahkan rekor buruk sebelumnya yang dipegang oleh “Elemental” (2023) yang meraih $44,5 juta secara global saat pekan pertamanya.

Kisah petualangan anak laki-laki yang secara tidak sengaja dianggap sebagai duta besar Bumi oleh alien ini sebenarnya mendapat respons cukup baik dari penonton. Meski demikian, dengan biaya produksi mencapai $150 juta—belum termasuk kampanye pemasaran—Disney kini berharap word of mouth bisa membantu Elio bertahan di bioskop dalam beberapa bulan ke depan. Apalagi persaingan di genre animasi masih tergolong ringan hingga film "Smurfs" dari Paramount dirilis pada 18 Juli.

Sementara itu, film live-action "How to Train Your Dragon" dari Universal mencatat hasil yang jauh lebih memuaskan. Memasuki pekan kedua, film ini meraup $53,5 juta dari 81 negara, menggenapi total $385 juta di seluruh dunia, dan mengukuhkan antusiasme tinggi penonton terhadap karakter Hiccup dan Toothless. Kesuksesan ini memperkuat rencana Universal untuk merilis sekuel live-actionnya, "How to Train Your Dragon 2," pada tahun 2027.

Baca juga: Netflix Luncurkan Poster dan Trailer Film Thriller Wall to Wall, Dibintangi Kang Ha Neul

Di posisi ketiga box office internasional, film zombi “28 Years Later” dari Sony tampil kuat dengan pendapatan $30 juta dari 59 pasar, dan $60 juta secara global jika digabung dengan debutnya di Amerika Utara. Sebagai kelanjutan dari “28 Days Later” (2002) dan “28 Weeks Later” (2007), film ini melanjutkan kisah pasca-pandemi dengan latar hampir tiga dekade setelah penyebaran virus mematikan. Dengan anggaran $60 juta, film ini diprediksi akan menjadi yang paling sukses dalam waralaba, mengungguli pendapatan “28 Days Later” sebesar $75 juta.

Di tengah kegagalan Elio, Disney tetap memiliki alasan untuk optimistis. Versi live-action “Lilo & Stitch” terus menorehkan kesuksesan luar biasa dengan $523,6 juta di pasar internasional dan $910 juta secara global hanya dalam lima minggu. Film ini bahkan berpotensi menjadi film pertama tahun ini yang menembus angka $1 miliar.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Variety

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Debut Lesu “Elio”, Pixar Hadapi Pembukaan Terburuk dalam Sejarahnya

Link berhasil disalin!