INDOZONE.ID - Kabar kurang sedap menimpa salah satu boyband besutan SM Entertainment, RIIZE.
Desain merchandise RIIZE, yang dijual di Jepang, dituduh meniru salah satu brand lokal Korea. Pihak brand pun mengunggah di Instagram terkait tuduhan ini.
Dilansir dari Kbizoom, Kamis (25/7/2024), sebuah brand lokal Korea menuduh SM Entertainment meniru desain mereka untuk merchandise resmi RIIZE yang dijual di Jepang.
Baca Juga: RIIZE Rilis MV Boom Boom Bass, Langsung Puncaki Chart Musik Jepang dan Korea
“Di antara barang-barang resmi yang dijual di konser RIIZE di Jepang, sungguh menyedihkan melihat produk yang bentuknya sangat mirip dengan salah satu desain BitbyBit,” respons brand Korea tersebut.
Brand tersebut juga melampirkan gambar gantungan kunci hati mereka dengan dua bingkai, untuk foto serta gantungan kunci yang dijual RIIZE.
Perbandingan itu menunjukkan, tumpang tindih langsung dalam bentuk dan ukuran dari kedua merchandise tersebut.
Baca Juga: Keseruan Meet & Greet bersama RIIZE di Jakarta, Bikin Heboh Fans dengan 3 Perfomance dan Game Seru
“Meskipun keduanya berbentuk hati, proporsi dan lekukannya seharusnya berbeda, namun posisi lubangnya pun sama, membuat Anda bertanya-tanya apakah ini sebuah kesalahan. Kami menggambar bentuk hati dan bahkan membuat cetakannya sendiri. Kami tidak ingin diproduksi secara massal, sehingga telah mengajukan paten desain berupa bentuk hati + 2 foto identitas,” sambung pihak brand.
Menurut brand tersebut, mesk desain mereka dipatenkan di Korea, sulit untuk mengklaim haknya di luar negeri. Oleh sebab itu, karena merchandise RIIZE dijual di Jepang, mereka tidak dapat mengambil tindakan apa pun.
Mereka juga tidak menyalahkan anggota RIIZE. Akan tetapi, ketika berita ini ditulis, pihak brand lokal tersebut terpantau telah menghapus unggahannya.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Kbiozoom